7 Kebiasaan yang Dapat Memicu Gangguan pada Jantung

Obat Jantung Anak | Gangguan pada jantung bisa hadir tanpa pernah kita duga. Dan kehadirannya ini bisa datang akibat dari beberapa kebiasaan yang selama ini kita lakukan, yang kita sendiri malah tidak pernah menyadari jika kegiatan tersebut bisa memicu masalah pada jantung.

7 Kebiasaan Pemicu Gangguan pada Jantung

kebiasaan yang merusak jantung

Stress dan depresi

Penyakit apapun bisa datang jika sering stress dan depresi. Hal ini telah banyak dibuktikan oleh para ahli, karena depresi atau stress memicu penurunan daya tahan tubuh, membuat tubuh mudah terserang penyakit. Stress dan depresi yang berkelanjutan akan menaikan tekanan darah, merusak pembuluh darah, dan meningkatkan kemungkinan terjadinya serangan jantung maupun stroke.

Malas menyikat gigi

Malas menyikat gigi akan membuat banyak makanan menempel pada gigi dan membuat kuman-kuman asyik bersarang disana. Kebersihan gigi dan gusi yang buruk akan memicu peningkatakn risiko penyakit jantung, karena kuman dalam mulut bisa berselancar bebas dan sampai di jantung.

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih

Menurut American Heart Association (AHA), mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat memicu gangguan ritme jantung dan meningkatkan risiko gagal jantung.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, peringatan tersebut malah sudah dicantumkan pada kemasan rokoknya sendiri. Kandungan zat adiktif dalam rokok dapat memberikan efek buruk dan memicu masalah pada fungsi jantung.

Baca juga : 6 Khasiat dan Manfaat Buah Jambu Air

Terlalu banyak mengonsumsi garam

Natrium atau garam yang dikonsumsi secara berlebih di setiap harinya, akan memicu tekanan darah tinggi dan berlanjut pada risiko penyakit jantung.

Kurang tidur

Ketika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, sementara jantung telah bekerja keras seharian, hal tersebut akan memicu munculnya gangguan pada jantung dan sistem kardiovaskular secara umum.

Kurang gerak

Menurut AHA, untuk mereka yang tidak banyak bergerak dan duduk selama 5 jam atau lebih setiap hari, dapat memicu peningkatakan 2 kali lipat risiko gagal jantung. Namun, jika pekerjaan yang menuntut kita untuk duduk sepanjang waktu, maka cobalah untuk jalan kaki terlebih dahulu 5 menit di setiap jamnya.

Setelah mengetahui apa saja kebiasaan yang bisa berdampak buruk pada jantung, mulai dari sekarang kita harus bisa menghindarinya agar jantung dan tubuh bisa tetap sehat secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *