Bawang Putih Diyakini Bisa Atasi Masalah Jantung

Dalam sebuah studi baru yang akan muncul dalam Journal of Nutrition, ekstrak bawang putih telah ditunjukkan untuk membalikkan penumpukan mematikan plak di arteri, serta membantu mencegah perkembangan penyakit jantung.

Penelitian Bawang Putih Diyakini Bisa Atasi Masalah Jantung

bawang putih atasi masalah jantung
Dalam penelitian kecil, peneliti mengumpulkan 55 orang dewasa usia 40 sampai 75 yang telah didiagnosa dengan sindrom metabolik (sekelompok faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes). Sebelum studi dimulai, para peserta yang disaring untuk mengukur volume total koroner plakat serta kalsium padat, bebas-kalsifikasi plakat dan rendah-redaman plak.

Para sukarelawan diberi plasebo atau dosis 2.400 miligram ekstrak bawang putih setiap hari selama 6 bulan. Mereka juga diperintahkan untuk terus mengambil obat-obatan yang saat ini selama masa studi.

Satu tahun setelah pemutaran asli, peserta kembali untuk tes lanjutan dan orang-orang yang ditawarkan ekstrak bawang putih berusia lebih panjang.”akumulasi plak total 80 persen, mengurangi plak lembut dan menunjukkan regresi (kurang plak pada tindak lanjut) untuk rendah-redaman plak,” seperti yang dinyatakan dalam siaran pers.

“Kami telah menyelesaikan 4 studi acak, dan mereka telah menyebabkan kita untuk menyimpulkan bahwa usia ekstrak bawang putih dapat membantu memperlambat perkembangan aterosklerosis dan membalikkan tahap awal dari penyakit jantung,” kata pemimpin peneliti dari LA BioMed Matthew J. Budoff, MD di rilis.

“Saya pikir penelitian ini menarik dan mendebarkan, namun hal ini tidak siap untuk prime time,” Dennis Goodman, MD, dokter spesialis jantung dan Direktur Kedokteran Integratif di NYU Langone Medical Center, memberitahu yahoo.com.

Salah satu alasan adalah karena ia merasa studi ini terlalu kecil untuk membuatnya seperti kasus yang kuat tentang ekstrak bawang putih. “Sementara tampaknya ada penurunan yang signifikan dalam plak redaman rendah, itu adalah salah satu aspek kecil plak,” ia menjelaskan. “Ada juga sesuatu yang disebut volume total plakat dan itu tidak berubah. Jadi pertanyaannya adalah, mengapa kita melihat perubahan kecil, tetapi tidak melihat itu dalam istilah dari volume total plakat?”

Dr Goodman juga menunjukkan bahwa hasil tidak menunjukkan perbedaan konsekuensial jumlah kalsium padat (hard plak, yang mengakui bisa sulit untuk mengamati), serta levels—a.k.a kolesterol LDL (low-density lipoprotein) “buruk” kolesterol, yang berkontribusi plakat yang dapat menyumbat arteri.

Baca juga : Gagal Jantung Ternyata Lebih Bahaya Dari Kanker

“Kekhawatiran terbesar saya di sini adalah hanya salah satu parameter yang keluar, dan bahwa dua lainnya tidak terpengaruh,” katanya. “Jadi mengatakan bahwa Anda sedang membalikkan aterosklerosis adalah hamparan nyata.”

Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa studi ini didanai oleh Wakunaga dari Amerika Co, Ltd, produsen Kyolic ekstrak bawang putih.

“Saya sendiri terfokus pada cara alami untuk mengobati masalah aterosklerosis dan lemak, dan saya pikir ada nilai terapeutik untuk bawang putih,” Dr.Goodman menambahkan. Namun, ia tidak merekomendasikan ini anggota dari keluarga allium untuk pasien karena “data saja tidak cukup kuat namun bagi saya”, dia menyatakan.

“Secara keseluruhan, saya senang bahwa kita melihat studi ini,” menyimpulkan Goodman Dr. “Ada keterbatasan dan masih banyak pertanyaan, tapi itu menunjuk ke arah yang benar.”

Pernyataan tersebut menjadi acuan juga agar kita lebih luas dalam mencari tahu semua kebenaran tentang permasalahan fungsi jantung.

By Obat Jantung Bocor Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *