Deteksi Penyakit dengan Warna Lidah

Apakah anda tahu bahwa perubahan pada warna lidah bisa menjadi ukuran dalam menilai kondisi fisik seseorang ? Untuk lebih jelas, simak informasi selengkapnya di Deteksi Penyakit dengan Warna Lidah berikut ini.

Deteksi Penyakit dengan Warna Lidah

deteksi penyakit dengan warna lidah

Lidah merah

Lidah yang tampak lebih merah dan membengkak dapat menjadi peranda bahwa anda sedang demam, atau kekurangan vitamin serta mineral zat besi.

Lidah putih

Lidah berwarna putih biasanya disebabkan oleh dehidrasi, infeksi rongga mulut karena jamur atau bakteri, dan timbulnya penyakit leukoplakia (muncul pada perokok berat).

Lidah putih ini bisa diatasi dengan minum banyak air putih dan menjaga kebersihan serta kesehatan rongga mulut.

Lidah hitam

Lidah hitam menandakan bahwa beberapa bagian rongga mulut tidak bersih dan menjasi sarang kuman dengan kondisi di sepanjang permukaan lidah membentuk bercak-bercak hitam, yang kemungkinan akan menimbulkan mati rasa. Merokok dan terlalu banyak minum kopi menjadi penyebab lidah berwarna hitam ini.

Lidah coklat

Lidah coklat bisa menjadi pertanda stadium awal kanker melanoma, sehingga jika anda mengalami hal tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

Lidah ungu

Lidah berwarna ungu merupakan tanda penyakit bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dingin. untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi bawangputih atau minum jahe hangat.

Lidah kuning

Lidah yang tampak kekuningan juga menjadi pertanda tidak bersihnya rongga mulut yang menjadi sarang perkembangbiakan kuman. Memberihkan gigi dan rongga mulut serta lidah dengan baik akan mengembalikan warna lidah menjadi normal kembali.

Walaupun kini anda bisa Deteksi Penyakit dengan Warna Lidah, pemeriksaan lebih lanjut pada ahli medis tetap dibutuhkan untuk lebih mendapatkan hasil yang lebih akurat sehingga pengobatan yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *