Hubungan Stress dan Penyakit Jantung

Stress atau depresi merupakan kondisi medis yang dapat mempengaruhi emosi dan pikiran serta kemampuan mereka dalam melakukan aktivitas. Stress biasanya diakibatkan oleh fungsi otak yang terganggu karena kurangnya Serotonins (bahan kimia otak yang mempengaruhi suasana hati). Penyebab lainya adalah kemungkinan riwayat kerluarga, tingginya tekanan, dan pengaruh obat. Sebagai besar stress akan memberikan dampak buruk pada kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan risiko pernyakit jantung. Lalu, bagaimana Hubungan Stress dan Penyakit Jantung tersebut ?

Hubungan Stress dan Penyakit Jantung

stress picu penyakit jantung

Sebuah studi di Inggris menemukan hubungan antara stress psikologis dan kerusakan pada arteri karotis, sehingga orang yang memegang kendali tinggi dalam pekerjaan memiliki risiko tertinggi pula terhadap penyakit jantung.

Stress bisa berpengaruh pada sistem peredaran darah dan saraf. Suatu penelitian menyatakan bahwa stress akut memicu berkurangnya aliran darah ke jantung sehingga meningkatkan pembekuan darah pada jantung. Semua hal ini memicu penyakit kardiovaskuler. Jika anda menderita aterosklerosis, stress dapat menyebabkan nyeri di dada yang disebabkan oleh peredaran darah di jantung berkurang, sehingga jantung kekurangan oksigen.

Selain itu, stress akan membuat orang yang menderita penyakit jantung jadi lebih sulit untuk menjalankan pengobatannya dan mematuhi pola hidup sehat yang mereka rencanakan. Hasilnya, orang yang menderita stress sekaligus penyakit jantung akan diprediksi lebih lama sembuh. Hal ini sesuai dengan data dari Cleveland Clinic Journal of Medicine.

Anda bisa mengatasi stress dengan beragam kegiatan yang membuat mood anda lebih baik, mengkonsumsi makanan sehat, serta istirahat yang cukup. Selain stress, Anak dari Perokok Rentan Sakit Jantung juga. Oleh karena itu, mulailah terapkan pola hidup yang lebih sehat untuk menghindari stress sekaligus penyakit jantung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *