Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Jantung

Banyak aneka jenis makanan yang beredar di pasar tradisional, supermarket, sampai warung-warung kecil. Tapi yang jadi pertanyaan adalah, apakah makanan tersebut sehat dan layak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung ? Jawabannya adalah belum tentu, terlebih ketika makanan tersebut memiliki kandungan garam dan lemak yang cukup tinggi.

Untuk itu, anda harus cerdas memilih makanan yang boleh dimakan penderita jantung sehingga membuat jantungnya lebih sehat. Berikut informasi selengkapnya !

Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Jantung

 

makanan yang boleh dimakan penderita jantung
Salmon

Ikan laut ini adalah pilihan terbaik karena kaya dalam asam lemak omega-3. “Omega-3 memiliki efek anti-pembekuan, sehingga mereka tetap mengalirkan darah Anda,” kata Profesor Bickford Rachel Johnson, PhD, RD, gizi di Universitas Vermont. Mereka juga membantu menurunkan trigliserida Anda (jenis lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung).

Pilihan lain : Tuna, trout, sarden, dan mackerel.

Kenari

Mengonsumsi 5 ons kacang setiap minggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Kenari memiliki banyak lemak “baik” yang akan bisa melenyapkan kolesterol jahat dalam tubuh. Walnut menjadi pilihan terbaik untuk anda.

Pilihan lain: almond, kacang mete, pistachio, biji rami, dan benih chia.

Raspberry

Buah ini sarat dengan polifenol, antioksidan yang menyebabkan kerusakan radikal bebas dalam tubuh Anda. Mereka juga memberikan serat dan vitamin C, yang keduanya terkait dengan resiko stroke lebih rendah.

Pilihan lain : Berbagai jenis berry

Susu bebas lemak atau rendah lemak dan Yogurt

“Produk susu tinggi kalium yang memiliki efek menurunkan tekanan darah,” Johnson mengatakan. Ketika Anda memilih lemak rendah atau bebas lemak susu, tubuh tidak akan memiliki lemak jenuh yang akan berlanjut pada peningkatan kolesterol pemicu penyakit jantung.

Pilihan lain : Pisang, jeruk, dan kentang

Buncis

Buncis dan kacang-kacangan lainnya memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menurunkan kolesterol LDL. Jika Anda membeli kacang kalengan, mencari varietas rendah sodium atau no-garam (natrium dapat meningkatkan tekanan darah Anda), anda bisa menutupinya dengan memperbanyak minum air putih.

Pilihan lain: terong, okra, apel dan pir (serat larut).

Simak juga : Khasiat dan Manfaat Selai Kacang untuk Kesehatan

Oatmeal

Oat memiliki jenis serat (disebut beta-glukan) yang menurunkan kolesterol LDL Anda. Satu setengah cangkir oatmeal dimasak atau sedikit lebih dari secangkir dimasak akan memberikan Anda jumlah beta-glukan yang dibutuhkan setiap hari untuk membantu turunkan kolesterol penyebab penyakit jantung.

Pilihan lain : jamur shiitake dan rumput laut.

Minyak zaitun

Minyak zaitun yang sering ditemukan dalam diet mediterania ini berfungsi untuk menekan tingkat lemak jenuh dalam darah yang bisa menghambat arteri yang memicu serangan jantung.

Pilihan lain : minyak safflower dan minyak Canola.

Dark Chocolate

Kakao ini kaya flavanols, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda dan mencegah penggumpalan darah. Itu juga bertindak sebagai antioksidan, yang dapat mencegah kolesterol “buruk” menempel ke dinding arteri anda.

Memilih cokelat (paling tidak 70% kakao) untuk mendapatkan flavanols lebih dan lebih sedikit gula, karena gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak tak januh yang bisa menurunkan kadar kolesterol ldl tinggi dalam tubuh. “Mereka juga tampaknya memiliki efek anti-inflamasi, sehingga Anda tidak akan mendapatkan peradangan kronis yang membuat aterosklerosis (pengerasan dinding arteri) lebih buruk,” kata Johnson.

Pilihan lain: kacang-kacangan dan minyak bunga matahari.

Mau pilih semua atau salah satu ? Yang manapun pilihan anda, setidaknya semoga bisa mendukung proses pengobatan penyakit jantung yang sedang diderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *