Olahraga yang Aman untuk Penderita Gagal Jantung

Banyak orang yang beranggapan jika mereka yang menderita penyakit jantung, tepatnya gagal jantung, dilarang untuk melakukan olahraga. Padahal, olahraga jenis aerobik justru direkomendasikan oleh para ahli kesehatan untuk penderita gagal jantung. Namun, sebaiknya anda melakukan pemanasan terlebih dahulu selama 5 sampai 10 sebelum melakukan aerobik tersebut, dan pendinginan.

olahraga yang aman untuk penderita gagal jantung

Seperti yang dilansir liputan6.com, ada beberapa jenis olahraga aerobik yang aman dilakukan penderita gagal jantung, di antaranya :

Berjalan

Jalan cepat diperkirakan dapat memberikan kesehatan yang sama seperti lari, menurut AHA (American Heart Association). Karena, bisa menguatkan otot jantung serta menurunkan kadar kolesterol darah yang erat kaitannya dengan penyakit jantung.

Berenang

Menurut salah satu pakar, berenang merupakan salah satu kegiatan aerobik yang bisa menguatkan jantung dan paru-paru. Jika anda tidak berenangpun, anda cukup dengan berjalan di kolam dangkal saja. Aktivitas tersebut bukan hanya membantu menyehatkan kardiovaskular saja, namun bermanfaat untuk persendian.

Bersepeda

Penderita gagal jantung sering direkomendasikan untuk menggunakan sepeda stasioner, terlebih untuk mereka dengan berat badan di atas rata-rata. Latihan seperti ini bisa membantu memperkuat jantung serta paru-paru tanpa memberikan tekanan pada lutu, pergelangan kaki, punggung, dan pinggul.

Bukan karena ahli lebih merekomendasikan sepeda stasioner, anda pun mengatakan bahwa bersepeda ke luar dilarang. Hal ini tidak benar, yang benar adalah anda harus memerhatikan beberapa poin seperti cuaca dan cairan. Jangan bersepeda ketika cuaca ektrem seperti panas yang menyengat atau cuaca dingin. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan bekal air minum agar tubuh tetap terhidrasi, namun anda juga tak boleh minum air terlalu banyak karena akan memberikan dampak buruk.

Tenis

Berdasarkan riset yang dilaporkan Journal of Sports Science & Medicine tahun 2013 lalu, pasien yang memiliki risiko rendah serangan jantung memiliki program latihan tenis yang sudah dimodifikasi, yang akhirnya bisa menghasilkan perubahan fisiologis bagi pasien. Berdasarkan hal ini, tentu saja tenis memiliki dampak baik bagi kesehatan kardiovaskular anda.

Alangkah lebih baik, untuk konsultasi dan meminta saran dari dokter terlebih dahulu sebelum menjalankan salah satu di antara Olahraga yang Aman untuk Penderita Gagal Jantung di atas agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan tidak membuat kondisi tubuh semakin down.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *