Pentingnya Mengetahui Penyebab Jantung Bocor

Penyakit Jantung Bocor

Jantung bocor menjadi salah satu penyakit jantung bawaan yang kerap menyerang anak, namun sebagian besar penderita berlanjut pada usia dewasa. Sehingga penyakit ini tergolong pada penyakit yang tak kenal usia karena sifatnya sebagai “bawaan lahir”.

penyebab jantung bocorSeperti yang telah anda ketahui bahwa penyakit jantung bocor terjadi jauh saat manusia ada dalam kandungan sang ibu. Proses pembentukan jantung yang tidak sempurna dengan robekan atau lubang pada katup atau septum jantung. Hal ini mengakibatkan terjadinya pencampuran antara darah bersih yang kaya akan Oksigen dan darah kotor yang miskin Oksigen. Percampuran darah seperti ini tentunya dapat memicu reaksi atau kondisi pada tubuh pasien jantung bocor seperti murmur (suara bising) dan “biru” pada beberapa bagian tubuh, namun terkadang murmur tersebut tidak terdengar saat dilakukannya pemeriksaan dan tidak semua pasien mengalami “biru”.

Penyebab Jantung Bocor

Walaupun penyebab secara pasti terjadinya kebocoran jantung belum diketahui, namun sebagai para ahli berpendapat bahwa jantung bocor dapat dipicu oleh beberapa faktor berikut ini :

  1. Faktor keturunan, memiliki peran dalam beberpa kelainan jantung bawaan. Orang tua yang memiliki riwayat penyakit jantung bawaa, kemungkinan besar anaknya akan mengalami hal yang sama.
  2. Anak-anak yang memiliki kelainan genetik, seperti Sindrom Down. Bahkan dalam sebuah studi menyebutkan bahwa 50% bayi dengan Sindrom Down memiliki kelainan jantung bawaan.
  3. Infeksi dan perilaku ibu saat hamil, salah satu contoh perilaku ibu yang dapat meningkatkan risiko terjadinya jantung bocor adalah merokok selama kehamilan.

Dengan dasar pada penyebab jantung bocor ini, diharapkan agar kita bisa menghindari faktor-faktor pemicu tersebut dengan melakukan tindakan pencegahan dalam penerapan pola hidup sehat. Itulah alasan betapa Pentingnya Mengetahui Penyebab Jantung Bocor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *