Shift Malam Karyawan Wanita Picu Risiko Jantung Koroner

shift malam karyawan wanita picu risiko jantung koroner

Obat Jantung Anak | Tak sedikit di beberapa perusahaan menerapkan shift malam. Rotasi seperti ini dimaksudkan untuk meningkan produktifitas perusahaan. Namun di balik itu semua, pergeseran jam kerja menjadi shift malam, bahkan jika harus terus-menerus mendapatkan bagian shift malam, sebuah studi mengungkapkan jika hal tersebut dapat memperburuk kesehatan sampai kematian.

Para peneliti di Amerika Serikat, menganalisis catatan sekitar 189.000 wanita dalam 24 tahun. Mereka pun menemukan adanya hubungan shift malam dan penyakit jantung koroner. Dalam penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun ini mengungkapkan bahwa sekitar 10.000 wanita menderita penyakit ini. Dan 80% wanita tersebut adalah mereka yang pernah mengalami shift malam di tempat kerjanya.

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa rotasi jam kerja bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner di luar risiko lain jantung koroner seperti pola makan yang buruk, merokok, kurangnya aktifitas fisik, serta berat badan berlebih. Seperti yang diungkapkan pula oleh penulis utama makalah di Journal of American Medical Association, Dr Celine Vetter.

Baca juga : 7 Kebiasaan yang Dapat Memicu Gangguan pada Jantung

Menurut sang doker juga, rotasi jam kerja yang mengharuskan karyawan bekerja di waktu malam hari, akan mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu dan meningkatkan risiko keguguran pada wanita. Dokter juga mengingatkan, bahwa bekerja dalam 3 malam atau lebih dalam sebulan, bisa menimbulkan risiko jantung koroner 15-18%.

Pengaruh shift malam akan lebih terasa dan berisiko bagi para wanita, sedangkan untuk pria, memiliki risiko yang tidak terlalu besar atau cenderung memiliki risiko pada gangguan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *