Tanda dan Gejala Gagal Jantung yang Tak Diperhatikan

Sebelumnya dikatakan bahwa gagal jantung lebih bahaya daripada kanker. Mengingat akan risiko serangannya yang tak kenal usia dan waktu. Bahkan dikatakan pula jika berbagai jenis penyakit jantung menempati urutan pertama sebagai penyakit penyebab kematian nomor 1 di dunia.

tanda dan gejala gagal jantung yang tak diperhatikan
Untuk menghindari ancaman dari penyakit ini, anda harus bisa menerapkan pola hidup yang tepat. Selain itu, anda juga perlu untuk mengenali gejala atau tanda dari dari penyakit gagal jantung ini, yang antara lain :

Sesak napas

Sesak napas yang berlangsung selama anda menjalan aktivitas maupun saat tidur sekalipun, dan datang secara tiba-tiba, bisa menjadi pertanda atau gejala gagal jantung yang harus diperhatikan.

Batuk terus-menerus

Batuk yang terjadi secara terus-menerus bahkan mengeluarkan lendir berdarah, yang selama ini selalu dikaitkan dengan masalah paru-paru, ternyata juga salah satu bagian dari gejala gagal jantung.

Meningkatkan denyut jantung

Jika anda merasakan denyut atau detakan jantung yang lebih cepat, kemungkinan besar anda mengalami gagal jantung. Hal ini dikarenakan jantung mengalami kesulitan saat memompa darah dengan kapasitas yang terbilang normal.

Mudah lelah

Penderita gagal jantung akan mudah lelah dan kesulitan dalam menjalankan beberapa aktivitas yang tergolong ringan. Hal ini dikarenakan jantung tidak bisa memompa cukup darah ke bagian otot-otot tungkai. Melemahnya beberapa bagian tubuh juga kemungkinan terjadi akibat pengiriman darah dari jantung ke otak yang mengalami gangguan.

Penumpukan cairan dalam jaringan tubuh

Jika anda mengalami kondisi berupa kaki, pergelangan kaki, atau perut yang bengkak, kemungkinan itu merupakan gejala gagal jantung yang jarang diperhatikan. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena aliran darah yang keluar dari jantung mengalami kelambatan sehingga membuat cairan pada jaringan menumpuk dan memicu munculnya pembengkakan.

Tidak ada nafsu makan dan sering mual

Anda yang merasakan gangguan mual, sakit di perut dan terasa penuh, bisa menjadi pertanda atau gejala bahwa anda mengalami gagal jantung. Karena, sistem pencernaan tidak mendapatkan pasokan darah dengan cukup sesuai kebutuhan semestinya.

Nah, itulah beberapa gejala atau tanda penyakit jantung yang harus anda ketahui. Agar ketika anda mengelami gejalanya, anda bisa dengan cepat segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan gagal jantung yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *